Officetronics

Genap Satu Dekade, Apple Rilis iPhone X Yang Lebih Keren Dari iPhone 8 Plus

Pernah ngayal pakai handphone apaan sih kalian? iPhone? Samsung? Atau merek-merek China yang lagi naik daun saat ini? Seperti Oppo, Vivo, Xiaomi. Mungkin jika nurutin nafsu sih semua orang pingin pakai handphone yang mahal, canggih dan bekelas. Jika setiap orang memilki keinginan menggunakan handphone yang canggih, mungkin nggak akan bisa terikuti, pasalnya setiap tahun produsen handphone terus menerus meluncurkan produk terbaik mereka, mulai dari menaikan tipe handphone dengan tipe yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Contonya saja nih setiap tahunnya Samsung selalu mengeluarkan tipe handphone terbarunya, yang pastinya dengan harga yang bervariasi pula. Nah, salah satu rival Samsung adalah iPhone dari Apple, merek smartphone yang satu ini juga memiliki rentang waktu untuk peluncuran produknya. Umumnya rentang waktu yang digunakan sekitar 1-2 tahun dan untuk peluncuran produk baru dan sekitar 3-6 bulan untuk perubahan spesifikasi Mac.

Produk iPhone sendiri selalu ditunggu-tunggu kehadiran tipe barunya. Orang-orang selalu menebak-nebak seperti apa iPhone keluaran terbaru dan salah satu yang menjadi ramai diperbincangkan saat ini adalah iPhone X. Tak lama setelah CEO, Apple memperkenalkan iPhone 8 dan 8 Plus. Saat ini barulah pihak Apple baru saja memperkenalkan pada punblik iPhone terbaru ini.

Peluncuran iPhone X ini merupakan lompatan terbesar sejak iPhone pertama kali diperkenalkan. iPhone X juga diproduksi menandai satu dekade kiprah sang raksasa di industri smartphone, wihh kira-kira secanggih apa ya? Hmm pastinya mahal!

Apple Luncurkan iPhone X

Seakan memberikan kado spesial di hari jadi mereka pada para pecinta Apple yang ke 10 tahun, maka perusahaan rasaksa ini mengeluarkan iPhone X (bacanya iPhone sepuluh). Pastinya lebih canggih, lebih mahal dan lebih keren dari iPhone sebelum-sebelumnya. Bisa dilihat dari desainnya, kita bisa melihat iPhone sepuluh sangat berbeda. Pasalnya pada versi yang satu ini kita sama sekali tidak akan menemukan tombol yang menjadi ciri khas dari iPhone.

Selain tak memiliki tombol, iPhone X juga memiliki desain yang berbingkai tipis atau bahasa populernya disebut dengan “bezel-less”, memiliki ukuran 5,8 inci membuat para pengguna puas, sebab tidak terlalau besar dan juga tidak terlalu kecil. Layar demikian dimungkinkan jenis OLED yang pertama kali dipasang pada iPhone.

Dari bodinya sendiri iPhone X menggunakan balutan stainless steel berkualitas layaknya iPhone 8 dan 8 Plus. Tak sampai disitu saja , tampilannya pun juga mengusung Super Retina yang telah diklaim membawa kontar terbaik, resolusi tinggi serta warna lebih beragam, kaya dan akurat, jadi mata kita nggak sakit melihat kontras layarnya. 

Resolusi dari tampilan Super Retina yang dimiliki oleh iPhone X yakni 2436 x 1125 piksel dan kerapatan 456 ppi. Ini merupakan kerapatan piksel paling tinggi sepanjang sejarah iPhone yang pernah dikeluarkan sebelumnya. Canggihnya karena tak memiliki tombol Home, untuk memulai navigasi, para pengguna cukup menyapu layar ke atas. Ada tombol fisik di sisi kanan yang berguna untuk berbicara dengan asisten digital Siri.

Cara Menggunakan iPhone X

Tidak memiliki tombol Home, pastinya kalian yang menunggu rilisnya iPhone X ini penasaran bagaimana cara menggunakannya. Untuk pembelajaran simplenya saja, cara membuka iPhone X, Senior VP Marketing Apple, Phill Schiller, mencontohkannya dengan cara simpel. Tak perlu menekan apa-apa, cukup melihat ke arah layar iPhone X. “Kami menyebutnya sebagai Face ID,” ujar Phill Schiller. Lebih lanjut, Phill Schiller menyebut Face ID temuan Apple bakal menjadi game-changing di industri smartphone untuk melindungi keamanan pengguna. Fitur Face ID ini dimungkinkan oleh algoritma ciptaan Apple yang dipadankan kemampuan TrueDepth di kamera depannya.

Seberapa Canggih Face ID iPhone X?

Seberapa cepat Face ID yang terdapat pada iPhone X mengenali wajah pengguna? Maka jawabannya sangat sulit untuk di percaya. Pasalnya pemrosesannya terjadi secara real-time dan diklaim sulit ditipu karena terus mempelajari pola wajah. Kamu pengguna iPhone X, meski kalian menggunakan topi, kacamata, bahkan mengganti gaya rambut sekalipun. Face ID iPhone X tetap saja bisa mengenali wajah si pemilik, dan mampu membedakan raut wajah asli dengan foto, sehingga enggan tertipu foto wajah. Face ID dikatakan lebih aman ketimbang Touch ID. Sebab, perbedaan sidik jari manusia berbanding 1:50.000, sementara pola wajah berbanding 1:1.000.000 alias lebih unik dan langka.

Memiliki Animoji

Bisa dibilang bahwa kecanggihan yang dimiliki oleh iPhone X sangat terkemuka, pasalnya tak hanya memilki Face ID saja, Apple juga menghadirkan emoji yang dapat bergerak yang dinamai “animoji”. Hal ini dikeluarkan oleh Apple pasalnya mereka sadar bahwa generasi saat ini sangat menyukai berbagai emoji, maka dari itu dengan menambahkan animoji pada iPhone X ini, Apple berharap hal tersebut bisa meningkatkan pengalaman berekspresi. Hebatnya fitur animoji ini cuma ada di iPhone saja saat ini.

Kamera ganda dengan dual-OIS

Jika di iPhone 8 Plus kita juga melihat terteranya kamera ganda yang berposis horizontal. Namun pada iPhone X kamera gandanya dibuat dala posisi vertikal. Dengan sensor yang berkualitas 12 megapiksel dengan filter warna baru, piksel lebih dalam, serta bukaan masing-masing f/1.8 dan f/2.4. Selain itu juga kamera ganda pada iPhone X ini ternyata sudah disematkan stabilisator alias OIS di masing-masing lensanya. Selengkapnya kamera iPhone X Memiliki zoom low-light yang lebih baik, perekaman video lebih mumpuni, serta quad-LED True Tone flash untuk pembidikan di situasi gelap yang semakin natural.

Untuk kamera selfienya juga ditingkatkan, jika pada iPhone 8 Plus portrait lighting cuma di sisi belakang, maka di iPhone X mode itu bisa pula dilakukan untuk selfie. Spesifikasi lain iPhone X mencakup speaker stereo, anti-air dan anti-debu, pengecasan tanpa kabel, serta pengecasan cepat. Lini spesial ini mulai dibuka pemesanannya pada 27 Oktober 2017 dan beredar di beberapa negara pada 3 November 2017. Harganya mulai 999 dollar AS atau Rp 13,1 jutaan.

Perbandingan iPhone 8 Plus Dengan iPhone X

Sebelum iPhone X dirilis, Apple telah terlebih dahulu meluncurkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Dan karena tipe tertinggi nya adalah iPhone 8 Plus maka banyak orang yang membandingkan iPhone 8 Plus dengan iPhone X. Berikut adalah spesifikkasi iPhone 8 Plus dengan iPhone X.

  • Desain 

iPhone 8 Plus mengusung frame alumunium dan material casing belakang dari kaca. Opsi warna yang disediakan meliputi silver, space grey dan gold.  iPhone 8 Plus lebih besar dan tentunya lebih berat. Dimensinya 158,4 x 78,1 x 7,5 mm dan berat 202 gram.

iPhone X bagian belakangnya dari kaca namun frame dari bahan stainless steel surgical grade. Ia hanya punya dua pilihan warna, silver serta space grey. Dimensi iPhone X 143,6 x 70,9 x 7,7 mm seberat 174 gram. Sudah menggunakan FaceID.

  • Layar

iPhone 8 Plus layarnya 4,7 inch LED-backlit Retina HD resolusi 1.334 x 750 pixel dengan kepadatan pixel 326ppi. iPhone 8 Plus bentangnya 5,5 inch LED-backlit Retina HD resolusi 1.920 x 1.080 pixel dengan kepadatan pixel 401ppi.

iPhone X layarnya paling besar, 5,8 inch OLED resolusi 2.436 x 1.125 pixel dengan kepdatan pixel 458ppi. Membuatnya tampil paling cemerlang dan paling tajam.

  • Kamera

iPhone 8 Plus punya kamera tunggal 12 megapixel aperture f/1.8, OIS dan 5x digital zoom. Lalu iPhone 8 Plus kamera belakangnya ganda dengan format horisontal, keduanya 12 megapixel. Ada sensor wide angle aperture f/1.8 dan sensor telephoto aperture f/2.8. Disertakan OIS dan optical zoom serta digital zoom sampai 10x.

iPhone X sama-sama kameranya ganda dengan format vertikal. Spesifikasinya kurang lebih sama seperti kamera ganda iPhone 8 Plus tapi ada kelebihan dual OIS.

  • Harga 

iPhone 8 Plus Rp 12,7 juta sedangkan iPhone X mencapai Rp 13 Juta.

Itulah iPhone X yang lagi hangat diperbincangkan, pasalnya iPhone ini sangat ditunggu-tunggu pelucurannya. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh iPhone X (iPhone sepuluh) bisa dibilang sebanding dengan harga yang dibanderol. Hmm kira-kira kalian mau nggak jika ada yang ngasih iPhone X. Pastinya enggaklah yakan, enggak akan nolak maksudnya, hehe.

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.